PMI Kebumen Gelar Musyawarah Kerja

By Admin PMI 18 Jan 2020, 11:46:08 WIB Artikel
PMI Kebumen Gelar Musyawarah Kerja

Dalam rangka mengevaluasi Program Kerja Tahun 2019 dan Penyusunan Rencana Kerja Tahun 2020, PMI Kabupaten Kebumen menggelar Musyawarah Kerja Kabupaten (Mukerkab) di Aula Gedung Palang merah Indonesia Kabupaten Kebumen, Jum’at (17/01/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, Forkompimda Kabupaten Kebumen, Ketua dan Seluruh Pengurus PMI Kabupaten Kebumen, Kepala Dinas Sosial dan PPKB Kab. Kebumen, Eko Widianto,Plt. Kepala Pelaksana BPBD Kab. Kebumen Teguh Kristiyanto, 52 orang Pengurus PMI Kecamatan dan perwakilan Relawan PMI Kabupaten Kebumen

Musyawarah Kerja Kabupaten adalah forum tertinggi tahunan PMI Kabupaten yang menentukan arah tujuan PMI Kabupaten Kebumen selama satu tahun kedepan yang diimplementasikan dalam bentuk program kerja.

Salim Wazdy, Sekretaris PMI Kebumen  mengatakan PMI Kabupaten Kebumen selalu berupaya untuk melaksanakan program kerja dengan sebaik-baiknya, profesional dan dapat dipertanggung jawabkan, manfaatnya juga sangat dirasakan langsung oleh masyarakat, baik yang berkaitan dengan penanggulangan bencana, Pelayanan Pertolongan Pertama dan Pelayanan Ambulans, bantuan bagi masyarakat yang terdampak bencana dan krisis kesehatan maupun pembinaan dan pengembangan generasi muda melalui PMR dan Relawan.

Di sela – sela acara pembukaan Musyawarah Kerja tahun ini juga dilaksanakan serah terima Hasil Pengumpulan Sumbangan Bulan Dana PMI tahun 2019, dimana hasil Bulan Dana Tahun 2019 akan digunakan untuk kegiatan PMI di tahun 2020.

“Hasil Bulan Dana PMI Tahun 2020 sejumlah Rp. 707.773.950,00 selanjutnya akan di potong 10% yaitu sebesar Rp. 70.777.395,00 untuk Setoran Wajib Bulan Dana ke PMI Provinsi dan setelah diptong 10% akan diserahkan sepenuhnya ke PMI untuk kegiatan tahun 2020” tutur Salim

Dalam sambutannya Wakil Bupati Kebumen mengatakan PMI Kabupaten Kebumen sudah membantu pemerintah Kabupaten Kebumen dalam bidang sosial kemanusiaan dan untuk bulan dana yang terkumpul ini menggambarkan, bahwa masyarakat Kebumen masih memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kemanusiaan. Selain itu, menggambarkan pula bahwa PMI masih menjadi harapan dan kepercayaan masyarakat.

"Mudah-mudahan dana yang terkumpul dapat membantu PMI dalam menjalankan misi kemanusiaan," kata Wakil Bupati.

Pada kesempatan itu, Arif meminta seluruh stakeholder agar ikut berpartisipasi membantu menyuarakan gerakan-gerakan kemanusiaan yang dilakukan oleh PMI. Hal ini dikarenakan PMI tidak hanya bergerak di bidang donor darah saja. Melainkan juga kegiatan-kegiatan kemanusiaan lainnya. Seperti penanggulangan bencana, pelayanan pertolongan pertama, pelayanan ambulan dan layanan sosial kemanusiaan lainnya

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Kebumen, Sabar Irianto, menegaskan hasil penghimpunan dana dari masyarakat, 80 persen akan dikembalikan lagi kepada masyarakat. Melalui bantuan sosial maupun bantuan bencana. Sedangkan 20 persennya untuk operasional. "Hasil bulan dana PMI 80 persen betul-betul kita kembalikan lagi ke masyarakat," tandasnya.



Tak hanya itu, Sabar menambahkan, ditahun ini bulan dana PMI Kebumen mengalami kemunduran, hal itu dikarenakan kondisi kabupaten Kebumen yang dinobatkan meenjadi kabupaten termiskin dan mengalami kekeringan yang cukup panjang.

 "Tahun ini lebih sedirkit di bandingkan tahun lalu, hal itu dikarenakan kondisi penyumbang bulan dana dari masyarakat yang menurun karena kebumen mengalami kemarau panjang dan menjadi salah satu kabupen termiskin tentu mempengaruhi," ungkapnya

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Arif Sugiyanto juga menyempatkan diri mendonorkan darahnya di Unit Donor Darah (UDD) PMI. Bagi Arif, donor darah kali ini merupakan yang ke-25 kalinya. Pihaknya mengajak kepepada masyarakat kebumen untuk rajin mendonorkan darah. "Ini saya donor ke 25 kali, saya rutin donor, terakhir donor di jakarta, mari masyarakt bersama-sama donor darah karna hal itu selain tubuh kita menjadi sehat, juga membantu dan menyelamatkan nyawa manusia," katanya. (Ahmat Saifur Rohman-TSR PMI Kebumen)

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment