Donor Darah Massal Peringatan Hari Donor Darah Sedunia 2021

By Admin PMI 19 Jun 2021, 08:40:14 WIB Rilist
Donor Darah Massal Peringatan Hari Donor Darah Sedunia 2021

Gambar : Pengurus PMI Kebumen menyerahkan Piagam Penghargaan Donor Darah Sukarela 25 Kali


Kebumen - Dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia atau World Blood Donor Day (WBDD) tahun 2021 yang jatuh pada 14 Juni 2021, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen menggelar donor darah masal, Minggu (14/6/2021).

Ketua PMI Kebumen, Sabar Irianto melalui plt Kepala UDD PMI Kebumen, dr. Sri Fatmahwati mengatakan, kegiatan ini digelar di Aula Kecamatan Gombong.  Donor darah massal dalam rangka peringatan World Blood Donor Day (WBDD) ini, ujar dia, merupakan agenda rutin UDD PMI Kebumen. 

Momentum itu dilakukan untuk menyerap pemenuhan kebutuhan darah di Kabupaten Kebumen. Dalam donor darah massal kali ini, PMI Kabupaten Kebumen mempunyai target 250 kantong darah. Namun adanya Pandemi Covid19 dan vaksinasi donor darah massal hanya terkumpul 129 kantong.

Dalam kegiatan donor darah massal itu, setiap pendonor harus lolos uji screening kesehatan, baik tensi darah, hemoglobin dan tidak terpapar Covid-19.

"Karena pandemi covid, kami terapkan protokol kesehatan secara ketat, terutama pada tahap screening untuk memastikan pendonor sehat dan aman dari covid," ujar dr Sri yang kemarin didampingi Kepala Markas PMI Kebumen Eko Purwanto.

Adanya peningkatan Covid19 di Kabupaten Kebumen menjadikan tantangan tersendiri bagi para petugas Unit Donor PMI Kebumen. Selain permintaan darah yang tinggi juga permintaan Plasma Konvalesen bagi pasien Covid19, juga resiko dan kerentanan petugas yang mudah terpapar Covid19. 

Hal itu bisa terjadi jika ada pendonor yang berbohong saat wawancara. "Petugas kami sangat rentan terpapar karena langsung bersinggungan dengan orang banyak, jika ada calon pendonor yang berbohong dalam pengakuan screening itu yang berbahaya," jelasnya. 

Pada acara peringatan World Blood Donor Day ini juga diserahkan piagam penghargaan 10 dan 25 Kali bagi pendonor darah sukarela yang diserahkan oleh Pengurus PMI Kebumen. (fur-TSR PMI Kebumen)
 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 17 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment