Berprestasi Di masa Pandemi Melalui Olimpiade PMR Online

By Admin PMI 29 Mar 2021, 09:51:22 WIB Rilist
Berprestasi Di masa Pandemi Melalui Olimpiade PMR Online

Gambar : Panitia sedang memberikan arahan kepada peserta secara daring


“Pandemi Covid-19 mengajarkan banyak hal kepada kita untuk saling peduli, saling menolong dan saling menguatkan sesama. Pandemi mempersatukan elemen masyarakat bergotong royong membatasi persebaran dan pemutusan rantai penyebaran. Pandemi Covid-19 sangat berdampak di bidang pendidikan, dengan ditiadakannya kegiatan tatap muka dalam proses pembelajaran. Ekstrakurikuler PMR sebagai salah satu kegiatan ekstra disekolah/madrasah juga terdampak. Kegiatan PMR sebagian besar selama satu tahun vakum hampir tanpa kegiatan” terang H. Sabar Irianto,S.H. selaku ketua PMI Kabupaten Kebumen saat memberi sambutan pada pembukaan Olimpiade PMR tingkat Madya dan Wira secara online .

“PMI Kabupaten bekerja sama dengan forum pembina PMR dalam mensikapi hal tersebut, telah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Online PMR tingkat Madya dan Wira yang dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan bulan Desember 2020, dan pada hari ini menyelenggarakan Olimpiade PMR Online”tambahnya.

Kegiatan Olimpiade PMR Online yang dilaksanakan pada hari minggu (28/3) kali ini diikuti 22 unit PMR Madya dan 17 unit PMR Wira, hal ini melebihi target panitia. Materi lomba untuk tingkat Madya berupa Lomba Cerdas Cermat (LCC) dan pembuatan video pembelajaran, sedangkan tingkat Wira selain LCC juga pembuatan Video Animasi dengan tema peran PMR Wira dalam promosi kesehatan masyarakat.

“Video peserta dibuat saat pelaksanaan lomba dengan diberikan indikator materi pembelajaran untuk tingkat Madya dan sub tema penyakit masyarakat untuk video animasi tingkat Wira. Setelah video jadi, peserta harus mengirimkan ke chanel Youtube peserta, selanjutnya tautan/link Youtube dikirimkan ke panita melalui aplikasi Google Form dan selanjutnya evaluator menilai” terang Apriyanto Riyadi selaku ketua panitia.

Lomba yang dipusatkan penyiarannya di kantor PMI kabupaten kebumen, memanfaatkan media Zoom untuk memantau pengerjaan peserta dari unit PMR masing-masing, khususnya saat lomba LCC untuk meminimalisir kemungkinan kecurangan peserta, sedangkan untuk LCC menggunakan Google Form. Tiga terbaik tingkat Madya di raih oleh PMR unit SMPN 2 Adimulyo, SMP PGRI Sempor dan SMPN 1 Karanggayam, sedangkan untuk tingkat Wira dari SMK Ristek Rowokele, SMAN 1 Karanganyar dan SMK Nawa Bhakti Kebumen.

“Saya sangat senang mengikuti kegiatan Olimpiade PMR kali ini, walaupun melalui daring dan persiapan lomba yang sangat mepet. Senang rasanya dapat bertemu walau dalam dunia maya dengan teman-teman PMR tingkat Madya dan Wira se kabupaten kebumen” ujar Rismaul Vinesa, salah satu peserta.

Kontributor : Dian Ariyanto,TSR PMI Kabupaten Kebumen




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment